Miing Ingatkan Komedian Muda Harus Tahu Situasi saat Melawak

https://www.medcom.id/hiburan/selebritas/nN9X8X5K-miing-ingatkan-komedian-muda-harus-tahu-situasi-saat-melawak

Jakarta: Pelawak adalah profesi yang menghibur orang lain sembari menyampaikan pesan tertentu. Pelawak Dedy Gumelar alias Miing mengatakan bahwa humor yang disampaikan pelawak harus tepat waktu atau timing.

“Humor itu tidak akan masuk pada obyektif kalau tidak sesuai dengan timing yang tepat. Itu berdasarkan pengalaman saya ya. Saya tidak tahu tentang teorinya,” ujar Miing dalam sarasehan Indonesia Darurat Humor! oleh ihik3.

Ia mengibaratkan humor seperti orang yang hendak menyantap makanan. Dalam hal ini, bagaimana orang menikmati makanan yang harus menyesuaikan waktu. Bahkan, selezat apa pun makanan yang akan dimakan.

“Bukan kedaluarsa ya, tapi sudah lewat waktunya makan. Misalnya biasanya makan jam 12 siang. Tiba-tiba jam 3 baru makan siang, itu enggak enak,” tuturnya.

“Begitu juga dengan humor. Timingnya tepat atau enggak. Saya pernah mengalami melawak jam 3 pagi, susah lucunya, kan sudah mengantuk,” jelasnya.

Sementara itu, ihik3 (Institut Humor Indonesia Kini) adalah lembaga yang serius dan professional dalam mengelola humor. Juga sebagai perpustakaan humor pertama di dunia, The Library of Humor Studies.

Podcast ihik3 ada di Podme, yang merupakan podcast obrolan Yaser, Novri, dan Ulwan. Podcast ini tak hanya lucu, tetapi juga bermuatan kajian humor, karena humor itu serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyrights 2019 | IHIK