Peluncuran dan Bedah Buku Komunikasi Komedi

Bedah Buku

Komunikasi Komedi Radio-Televisi-Film: Selebrasi Komedian Indonesia

(IusTriartanto, M.Si dan Yasser Fikry, SE, M.Si, CHT)

Persembahan STIKOM InterStudi dan Ihik3 (Institut Humor Indonesia Kini).

Dengan narasumber:

  • Deddy “Miing” Gumelar
  • Andy Chairil
  • Chand Parwez

Moderator: Novrita Widiyastuti, M.Si

Buku Komunikasi Komedi Radio-Televisi-Film: Selebrasi Komedian Indonesia bisa dikatakan sebagai buku pertama yang mengaitkan disiplin ilmu komunikasi, komedi atau humor dan media massa. Hal yang menarik, humor atau komedi yang menjadi unsur daya tarik siaran dan film bioskop, mampu bertahan secara ajeg walaupun sempat mengalami fluktuasi. Program siaran dan film hiburan yang dibungkus komedi atau humor, merupakan suatu paket sajian yang dapat mencerdaskan khalayak dan sebagai kritik sosial yang jitu.

Acara launching dan bedah buku ini akan memaparkan perkembangan komunikasi komedi pada Radio, Televisi dan Film. Selain dipaparkan oleh kedua penulisnya, juga didukung oleh narasumber yang berpengalaman di ketiga media tersebut.

Kedua penulis, Ius Triartanto dan Yasser Fikry adalah sama-sama dosen di bidang Komunikasi yang sama-sama sebagai pegiat dunia humor dan komedi. IusTriartanto pernah menjadi music director, penyiar, penulis naskah dan reporter di PT Suara Kejayaan (Radio SK/101.6 FM) dan Yasser Fikry juga pernah menjadi penyiar di radio yang sama. Pengalaman ditempa di radio spesialisasi humor itu menjadikan keduanya kaya akan ilmu ini.

Pengalaman narasumber yang diundang juga tidakkalah banyaknya. Deddy Gumelar, atau biasa disapa Miing adalah pentolan dari grup lawak Bagito yang berjaya di era 80 hingga 2000an. Sempat menjabat sebagai anggota DPR RI,  tidak membuat minat beliau untuk berkontribusi di dunia komedi menjadi luntur. Andi Chairil, adalah penggagas acara Bukan Empat Mata dan Indonesia Lawak Klub (ILK) yang kinia dalah Penanggung Jawab Produksi di Trans. Menurut beliau di kata pengantar buku ini, komedi itu dapat mencairkan sebuah opini: “Bila sebuah opini disampaikan oleh komedian (atau dengan komedi-red) diharapkan (bisa) lebih cair”. Chand Parwez,sebagai produser dan pengusaha perusahaan film Starvision sudah banyak menghasilkan film-film komedi berkualitas seperti “Ngenest”, “Jagoan Instan” serta yang akan tayang yaitu “Koala Kumal” yang diangkat dari buku berjudul sama yang ditulis oleh Raditya Dika. Moderator dari acara ini adalah Novrita Widiyastuti, seorang dosen komunikasi yang bersama dengan Yasser mengelola Ihik3 menyebarkan virus humor di Indonesia.

Acara ini merupakan kerjasama antara STIKOM InterStudi sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi terkemuka di Indonesia yang banyak menghasilkan lulusan komunikasi yang andal dan Institut Humor Indonesia Kini atau disingkat Ihik3 sebagai lembaga ‘pengepul’ humor yang akan menciptakan ekosistem komedi di Indonesia dengan misi membuat Indonesia menjadi lebih lucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights 2019 | IHIK