Tentang IHIK3

Profil IHIK IHIK IHIK

Ihik3 adalah pusat kegiatan humor di Indonesia yang mengelola humor secara serius dan professional berbasis pengalaman, ilmu pengetahuan dan riset yang komprehensif. Didukung oleh literatur dari dalam maupun luar negeri dan juga ditunjang oleh praktisi dan akademisi yang mempunyai minat besar di bidang humor, Ihik3 ingin membantu semua orang agar mempunyai kemampuan secara mandiri untuk mengembangkan dan mengaplikasikan humor dalam menjalani kehidupan sehari-hari ataupun dalam menjalankan kegiatan profesinya.

Mengingat pentingnya humor untuk digarap secara serius, Ihik3 berkomitmen untuk memasyarakatkan humor dan menghumorkan masyarakat. Untuk menjadikan Indonesia yang lebih Jenaka.

Akitifitas

1. Humor Masa Kini: Diskusi Budaya Humor, 11 Maret 2016, Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia.

2. Seminar Komunikasi menggunakan Humor dan Launching Buku Komunikasi Komedi Radio-Televisi-Film: Selebrasi Komedian Indonesia, 17 Juni 2016, kerjasama dengan STIKOM Interstudi.

3. Simposium Humor Nasional: Humor yang Adil dan Beradab, 8 September 2016, Jaya Suprana School of Performing Arts.

4. “Humor itu Serius” dipopulerkan dengan konsisten oleh Arwah Setiawan, pendiri Lembaga Humor Indonesia (LHI). Sayang sekali beliau telah menjadi “Arwah” sejati, atau dengan kata lain telah almarhum. Ihik3 sangat berterima kasih karena mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk menerima buku-buku terbitan dalam dan luar negeri yang sangat berkualitas dan klasik, kaset-kaset, karya-karya tulis Arwah Setiawan dari anaknya langsung di bulan September 2016. Ihik3 akan berusaha meneruskan dan mengembangkan pemikiran bahwa “Humor itu Serius”.

5. Bagito Return 38 year Anniversary: Everlasting Memories Reunion, 4 November 2016, Senayan City

6. Dosen Tamu dalam mata kuliah Interpersonal Skills, menggunakan humor saat tampil di depan publik, 23 Februari 2017, Kwik Kian Gie School of Business, Jakarta.

7. How to Infuse Humor to Your Pitch, 1 Maret 2017, kerja sama dengan WorkOUT.id dan meetdesk di Jakarta.

8. CEO Ihik3, Novrita Widiyastuti, M.Si sebagai Juri dalam acara kompetisi Stand Up Comedy mahasiswa dan komunitas se-JaBoDeTaBek, 26 Mei 2017, STIKOM LSPR.

9. International Conference “Colalite – Humor and Horror,” 19 Agustus 2017, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

10. Peluncuran “The Library of Humor Studies”, 11 Oktober 2017, di Ke:kini Ruang Bersama, dihadiri oleh jurnalis, akademisi dan tokoh-tokoh dalam dunia humor.

11. Ihik3 goes to SG, menghadiri Content Summit Asia, 30 Oktober 2017, di Novotel Clark Quay, Singapore.

12. Teaching with Humor, 7 Februari 2018, pelatihan untuk para pengajar maupun umum, bekerja sama dengan Ke:kini Ruang Bersama.

13. Teaching with Humor (batch 2), 22 Maret 2018, bekerja sama dengan STIKOM LSPR dan London School Academy, dihadiri oleh dosen LSPR dan dosen dari Universitas lain di Jakarta.

14. Humor at Work “Menembus Batas Humor”, 19 Mei 2018, in-house traning dengan klien PT BPR Perdana Nusantara, diikuti oleh para leader termasuk Direktur Utama. Pada 3 minggu sebelumnya, telah dilakukan pre-assesment (FGD) kepada leader dan staff di BPR Perdana, sehingga materi disesuaikan dengan kebutuhan humor perusahaan.

15. Ihik3 goes to SG 2, mengikuti pelatihan The HeArt of Humor, 25 Mei 2018, di Northbridge Road, Singapore, dengan fasilitator Raju Mandhyan, seorang trainer berkebangsaan India namun bermukim di Filipina, penulis buku The HeArt of Humor.

16. Teaching with Humor (batch 3), 31 Juli 2018, Puri Imperium, Kuningan, Jakarta, in-house training Sekolah Tinggi Hukum (STH) Jentera bagi dosen internalnya agar dapat mengajar dengan lebih menyenangkan dan membangun suasana kreatif.

17. Humor in De Kantoor 31 Agustus 2018, Ke:kini Ruang Bersama, Jakarta. Acara yang membahas mengenai pentingnya humor di kantor, bagaimana pemimpin perusahaan menggunakan humor pada saat bekerja dan manfaatnya bagi produktivitas karyawan.

18. Teaching with Humor (batch 4), 24 November 2018, bekerja sama dengan LPPM STIKOM InterStudi, Jakarta, dihadiri oleh dosen STIKOM InterStudi dan dosen dari Universitas lain di Jakarta dan Jogja, guru SMP serta beberapa karyawan dari perusahaan swasta.

19. Museum Rekor Indonesia, 20 Maret 2019. Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3) yang diwakili oleh Danny Septriadi menerima World- Record Certificate untuk rekor The First Library of Humor Studies dari Indonesian World Record Museum.

20. Rosi, Kompas TV, 28 Maret 2019, Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3) diundang ke studio @rosi_kompastv bersama narasumber keren lainnya untuk membahas mengenai Humor, Hoaks dan Politik, sekaligus memperkenalkan The Library of Humor Studies ke masyarakat.

21. Teaching with Humor (batch 5), 25 April 2019, di Gd. F Kemendikbud, Jakarta. Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Persatuan Seniman Komedi (PaSKI), dihadiri oleh guru-guru ke-Jakarta, dan dimeriahkan oleh pelawak-pelawak ibukota.

22. Bedah buku “Metafora Visual: Kartun Editorial Surat Kabar Jakarta 1950-1957” karya Dr Priyanto Sunarto (alm.), 26 April 2019, di RJ Room, STIKOM LSPR Jakarta. Pembicara: Seno Gumira Ajidarma (Founder Ihik3), moderator: Dr. Joe Harrianto Setiawan, M.Si (LSPR Lecturer), dihadiri oleh akademisi internal maupun eksternal LSPR.

23. Peluncuran buku terbitan Ihik3 dan IKJ Press: ”Soekarno dalam Kartun: Mitos dan Kontra Mitos” (Dr Wagiono Sunarto) dan “Metafora Visual: Kartun Editorial Surat Kabar Jakarta 1950-1957” (Dr Priyanto Sunarto (alm.)), Kamis, 18 Juli 2019, di Auditorium Institut Kesenian Jakarta. Pembicara: Daniel Dhakidae, Ph.D, moderator: Dr. Iwan Setiawan, S.Sn, M.Si, dihadiri oleh akademisi, budayawan dan pejabat Pemprov DKI.

24. CEO Ihik3, Novrita Widiyastuti, M.Si sebagai Juri dalam acara kompetisi Akademi Komedi, di “Setjen Mencari Bakat” Kementerian Keuangan, 18 September 2019, Aula Dhanapala, kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.
25. Kuliah umum “Komedi Indonesia Jaman Now” kerja sama Ihik3 dengan STIKOM Interstudi, 25 September 2019, di Aula STIKOM Interstudi, Jakarta. Pembicara: Seno Gumira Ajidarma (Founder Ihik3), moderator: Yasser Fikry (CCO Ihik3 dan dosen Interstudi), dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Interstudi. Kuliah umum ini juga menjadi pembuka untuk mata kuliah Humor yang pertama kali diadakan di Indonesia.

26. Pengantar “Teaching with Humor” kepada guru-guru LB-LIA Grogol, 3 Oktober 2019, di LB-LIA Grogol, Jakarta Barat. Respons positif dari guru-guru Bahasa Inggris ini, dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada fasilitator.

27. Novrita Widiyastuti, M.Si dan Ulwan Fakhry mewakili Ihik3 menjadi Juri dalam kompetisi Stand Up Comedy, “PLN English Olympiad 2019” di Pusdiklat PLN Ragunan 7-11 Oktober 2019, kerja sama antara PLN, LB LIA Grogol, ByPro Management dan Ihik3.

Ihik3 merupakan akronim dari Institut Humor Indonesia Kini. Kalau Anda melihat singkatan Ihik3, itu artinya Anda harus membaca Ihik-Ihik-Ihik. Boleh sambil menahan senyum atau ketawa ngikik. Didirikan oleh tiga orang komisioner “sableng” yang sepertinya kurang kerjaan. Bukan apa-apa, menurut mereka, menyelam ke labirin misteri humor sepertinya kok ya asyik juga. Layaknya menelusuri keindahan dan kelucuan di dalam gua bawah tanah yang pesonanya tak kunjung habis.

Tujuan dari pendirian lembaga ini sangat sederhana, agar lembaga ini bisa menjadi rujukan segala hal yang terkait dengan humor. Sebuah mimpi sederhana yang terdengar sangat mewah, akan tetapi hal itu sama sekali bukan masalah. Karena dari awal pendirian lembaga ini sudah terbayang bagaimana mengedukasi masyarakat agar sadar akan pentingnya humor dalam kehidupan. Ihik3 berusaha agar lembaga ini bisa menjadi mitra bagi pengembangan humor di Indonesia, karena Ihik3 sadar akan potensi humor di Indonesia yang belum banyak digali dan dikembangkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Ihik3 juga menjadi Pusat Kajian Humor, tempat berdiskusi tentang humor, perpustakaan humor, tempat pelatihan humor serta segala hal yang terkait dengan humor. Dengan demikian, keberadaan humor di tengah masyarakat bisa dimaknai lebih bernilai dan bukan sekedar monopoli pelawak atau pelaku komedi di panggung atau layar kaca. Karena percaya atau tidak, banyak sisi-sisi humor yang belum kita gali, antara lain: humor yang mempunyai manfaat untuk hiburan dan relaksasi, humor sebagai alat bantu komunikasi yang semuanya akan bermuara pada peningkatan kualitas hidup.

Program Kerja IHIK

Akademis
Mengembangkan humor melalui kampus dengan membuat kajian humor di jurnal ilmiah dan tugas akhir. Visinya adalah menjadikan humor sebagai mata kuliah di banyak disiplin ilmu. Peran Ihik3 dalam aktivitas ini adalah:

  • Mendirikan perpustakaan yang menyediakan buku-buku kajian humor baik dari dalam maupun luar negeri.
  • Membuat seminar, simposium, dialog akademis, orasi ilmiah, kuliah umum yang semuanya bermuara pada pentingnya humor di kalangan kampus
  • Menyediakan dana penelitian bagi pihak yang berkeinginan melakukan penelitian tentang humor
  • Menerbitkan buku kajian humor yang melibatkan penulis yang berkompeten dalam dunia humor

Praktis
Seiring dengan paparan diatas, Ihik3 mengagas program-program pelatihan dengan pendekatan humor. Program ini dibuat bukan bertujuan untuk menciptakan komedian, akan tetapi memaksimalkan aplikasi humor di dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung hal tersebut kami membuat 3 (tiga) program unggulan yaitu:

  • Workshop Humor at Work yang menggunakan humor dalam pekerjaan, mengurangi stress dan menjadi bagian dari kepemimpinan
  • Workshop Public Speaking dengan pendekatan Humor; melatih kemampuan berbicara di depan umum dengan memasukkan unsur humor
  • Workshop mengembangkan Humor Quotient; melatih kemampuan praktis mengembangkan dan menggunakan humor di dalam kehidupan sehari-hari.

Praktis
Selain itu, Ihik3 juga akan mengadakan rangkaian acara yang berkaitan dengan humor, antara lain:

  • Teaching with Humor
  • Humor vs Terror
  • Humor for Health
  • Humor for First Jobber
  • Presentation with Humor
  • Public speaking with Humor
  • Humor for Parenting
  • Comedy Writing
  • Humor Therapy
  • HumoRadio
  • Negotiation with Humor

Pusat kegiatan humor di Indonesia yang mengelola humor secara serius dan professional berbasis pengalaman, ilmu pengetahuan dan riset yang komprehensif. Didukung oleh literatur, praktisi dan akademisi yang mempunyai minat besar di bidang humor.

Kunjungan

Kunjungan ke THe Library of Humor Studies Dangan janji ke nomor 0815-7491-4554 atau email ke admin@ihik3.com

Copyrights 2019 | IHIK