Hari Lahir Gus Dur 7 September Jadi Hari Humor Nasional

https://gaya.tempo.co/read/1503950/hari-lahir-gus-dur-7-september-jadi-hari-humor-nasional

TEMPO.COJakarta – Institut Humor Indonesia Kini (IHIK3) dan Perhimpunan Pecinta Humor (Pertamor) menetapkan hari lahir Gus Dur, 7 September sebagai Hari Humor Nasional. Gus Dur atau Abdurrahman Wahid adalah Presiden RI keempat yang dikenal suka homor.

Pendiri IHIK3, Darminto M Sudarmo mengatakan, terpilihnya tanggal lahir Gus Dur sebagai Hari Humor Nasional karena lelucon gaya Gus Dur bukan sekadar menghibur, juga mengajak pada tradisi berpikir berbeda. “Gus Dur dalam tindak lakunya dan seluruh ekspresinya memiliki pemikiran yang berbeda,” kata Darminto dalam konferensi pers pada Selasa, 7 September 2021. Menurut Darminto, Gus Dur kerap melontarkan humor yang berkaitan dengan cara berpikir kritis hingga kreatif.

Pada kesempatan itu, hadir putri Gus Dur, Inayah Wahid dan pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Mustofa Bisri atau biasa disapa Gus Mus. Inayah Wahid membaca teks Proklamasi Humor Nasional hasil kreasinya sendiri. Gus Mus mengomentari karya Jitet Kustana, pemilik kartun Jembatan Buku.

Chief Executive Officer (CEO) IHIK3, Novrita Widiyastuti berharap humor mampu menjadi vaksin bagi mereka yang stres atau mengalami masalah kesehatan mental di masa pandemi. Sebab itu, menurut Novrita, Indonesia harus punya Hari Humor Nasional untuk merayakan humor sebagai sesuatu yang melekat di hati rakyat Indonesia.

Ada pula tiga Anugerah Hari Humor Nasional perdana yang terdiri atas Anugerah Sibarani, Anugerah Arwah, dan Anugerah Suprana. Jitet Koestana meraih Anugerah Sibarani dalam bidang kartun melalui karya kartun Jembatan Buku. Martin Suryajaya mendapatkan Anugerah Arwah dalam bidang seni tulis humor. Martin Suryajaya adalah penulis novel berjudul “Kiat Sukses Hancur Lebur”.

Sementara Anugerah Suprana dalam bidang seni meme/video humor diraih oleh dua orang. Mereka adalah Anto Sugiharto dengan video Bohemian Rhapsody versi Jowo dan Nurlela Yusup/Tante Lala dengan video Belajar Pancasila.

LAURENSIA FAYOLA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyrights 2019 | IHIK