Institut Humor Indonesia Kini (IHIK)

Kajian Humor Indonesia dan Mancanegara

Astra Motor International Cartoon Contest 2017

poster-luar-pake

Astra Motor International Cartoon Contest 2017

SECAC-Astra Motor Gelar Kontes Kartun Internasional

Sampai dengan tanggal 15 Februari 2017, sudah masuk karya lomba ke email panitia tak kurang dari 31 negara, termasuk Indonesia. Dari Austria hingga Uruguay. Kalau tiap negara tiga orang kartunis yang berpartisipasi dan tiap kartunis mengirim tiga karya, maka bisa dihitung sendiri jumlah keseluruhan karya yang sudah masuk.

SEMARANG – Semarang Cartoon Club (SECAC) bekerjasama dengan Astra Motor menggelar lomba kartun internasional bertajuk

“Astra Motor International Cartoon Contest 2017”. Lomba dibuka secara resmi mulai 5 Januari 2017. Panitia lomba, Jitet Koestana mengungkapkan lomba kali ini mengangkat tema “Transportasi” dengan subtema “Etika Berlalu-lintas”. Tujuannya, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam proses transformasi dan akselerasi bidang transportasi secara luas.

“Agar Indonesia menjadi negara yang tertib dan santun dalam berlalu lintas,” kata pemegang rekor MURI kartunis peraih penghargaan internasional terbanyak itu.
Melalui lomba kartun Astra Motor, Jitet mengajak para kartunis di seluruh dunia untuk mengkritisi, mencandai sekaligus memberi masukan kepada para pemangku kepentingan bidang transportasi.

Jitet menyampaikan, peserta lomba bisa mengirimkan maksimal 5 karya, dengan ketentuan: ukuran minimal 1 MB, format JPG dengan resolusi 200-300 dpi. Karya harus berwarna dengan mode RGB. Karya dikirim melalui email amcartooncontest@gmail.com paling lambat 31 Maret 2017.

Hadiah Lomba
Astra Motor International Cartoon Contest 2017 akan memperebutkan hadiah 1st Prize Rp 15 juta dan sertifikat, 2nd Prize Rp 9 juta dan sertifikat, 3rd Prize Rp 6 juta dan sertifikat. Lima pemenang harapan (citations) juga akan memeroleh hadiah masing-masing Rp 3 juta.
“Hasil lomba akan diumumkan pada 25 April 2017 melalui berbagai media yang ada,” kata Jitet.

Pemerhati Humor Indonesia yang juga panitia, Darminto M Sudarmo mengatakan, lomba dan pameran kartun bertaraf internasional bukan hal yang baru di Indonesia. Pada 1987/1988 Indonesia, tepatnya Kota Semarang pernah menjadi tuan rumah “Candalaga Mancanegara International Cartoon Festival I”, bahkan pertama di Asia Tenggara.

Pada 2016, Semarang juga menjadi tuan rumah “SECAC International Cartoon Exhibition 2016”. Pameran ini mampu mengundang antuasiame kartunis dari penjuru dunia. Tercatat, ada sejumlah 340 kartunis dari 64 negara yang berpartisipasi.

“Mengaca dari pengalaman, saya optimistis lomba kartun Astra Motor kali ini bisa lebih sukses,” kata Darminto. Lebih jauh Darminto mengabarkan bahwa sampai dengan tanggal 15 Februari 2017, sudah masuk karya lomba ke email panitia tak kurang dari 31 negara, termasuk Indonesia. Dari Austria hingga Uruguay. Kalau tiap negara tiga orang kartunis yang berpartisipasi dan tiap kartunis mengirim tiga karya, maka bisa dihitung sendiri jumlah keseluruhan yang sudah masuk.

Waktu masih cukup longgar meski tanggal 31 Maret 2017 batas akhir pengiriman bisa saja terasa sangat singkat. (Arif Srabilor)

rev-poster-indo-pake

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: