Institut Humor Indonesia Kini / IHIK3

Institut Humor Indonesia Kini / IHIK32018-11-09T18:58:23+00:00

Ihik3 adalah pusat kegiatan humor di Indonesia yang mengelola humor secara serius dan professional berbasis pengalaman, ilmu pengetahuan dan riset yang komprehensif. Didukung oleh literatur dari dalam maupun luar negeri dan juga ditunjang oleh praktisi dan akademisi yang mempunyai minat besar di bidang humor, Ihik3 ingin membantu semua orang agar mempunyai kemampuan secara mandiri untuk mengembangkan dan mengaplikasikan humor dalam menjalani kehidupan sehari-hari ataupun dalam menjalankan kegiatan profesinya. Mengingat pentingnya humor untuk digarap secara serius, Ihik3 berkomitmen untuk memasyarakatkan humor dan menghumorkan masyarakat. Untuk menjadikan Indonesia yang lebih Jenaka.

Ihik3 merupakan akronim dari Institut Humor Indonesia Kini. Kalau Anda melihat singkatan Ihik3, itu artinya Anda harus membaca Ihik-Ihik-Ihik. Boleh sambil menahan senyum atau ketawa ngikik. Didirikan oleh tiga orang komisioner “sableng” yang sepertinya kurang kerjaan. Bukan apa-apa, menurut mereka, menyelam ke labirin misteri humor sepertinya kok ya asyik juga. Layaknya menelusuri keindahan dan kelucuan di dalam gua bawah tanah yang pesonanya tak kunjung habis.

Tujuan dari pendirian lembaga ini sangat sederhana, agar lembaga ini bisa menjadi rujukan segala hal yang terkait dengan humor. Sebuah mimpi sederhana yang terdengar sangat mewah, akan tetapi hal itu sama sekali bukan masalah. Karena dari awal pendirian lembaga ini sudah terbayang bagaimana mengedukasi masyarakat agar sadar akan pentingnya humor dalam kehidupan. Ihik3 berusaha agar lembaga ini bisa menjadi mitra bagi pengembangan humor di Indonesia, karena ihik3 sadar akan potensi humor di Indonesia yang belum banyak digali dan dikembangkan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ihik3 juga menjadi Pusat Kajian Humor, tempat berdiskusi tentang humor, perpustakaan humor, tempat pelatihan humor serta segala hal yang terkait dengan humor. Dengan demikian, keberadaan humor di tengah masyarakat bisa dimaknai lebih bernilai dan bukan sekedar monopoli pelawak atau pelaku komedi di panggung atau layar kaca. Karena percaya atau tidak, banyak sisi-sisi humor yang belum kita gali, antara lain: humor yang mempunyai manfaat untuk hiburan dan relaksasi, humor sebagai alat bantu komunikasi yang semuanya akan bermuara pada peningkatan kualitas hidup.