Terbaru

Di Tengah Covid-19, Humor Justru Harus Hadir

Menjaga higienitas, makan makanan bergizi, dan istirahat yang cukup perlu diimbangi humor

Jakarta, 3 April 2020 – Kondisi saat ini memang sedang sangat tidak biasa gara-gara pandemi covid-19. Data dari John Hopkins University, sebuah universitas di Amerika Serikat (2/4/2020), virus corona jenis baru ini sudah menjangkit lebih dari 1 juta orang di pelbagai negara. Yang memilukan lagi, lebih dari 50 ribu di antaranya meninggal dunia.

Namun di tengah situasi horor seperti ini, humor tetap harus hadir. Apa sebab? Merangkum dari pelbagai penelitian, secara ilmiah, humor bagaikan “balsam” yang bisa melemaskan otot tegang dalam tubuh kita. Ketika humor itu dapat membuat kita tertawa, kita akan melepaskan endorphins yang menghancurkan emosi negatif, meringankan stres, sekaligus meningkatkan sel imun dan antibodi untuk mengalahkan infeksi dan bertahan dari penyakit.

Sarno (56 tahun), seorang penyintas covid-10 asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, adalah bukti nyata yang ada di dekat kita. Walau divonis positif corona bersama sejumlah anggota keluarganya, ia tak khawatir berlebihan. Selama menjalani perawatan, Sarno mengkondisikan mentalnya tetap stabil atau tidak sampai stress, dengan cara seperti berbagi lelucon dengan anggota keluarganya di WhatsApp dan menonton video lucu (Kompas.com, 3/4/2020).

Maka dari itu, posisi IHIK3 di situasi ini sangat jelas. Di samping berupaya untuk terus menjaga higienitas, konsumsi makanan dan minuman bergizi, serta istirahat yang cukup, humor harus tetap hadir di dalam kehidupan kita.

Sebagaimana CEO IHIK3, Novrita Widiyastuti, M.Si., berpesan, “Gunakanlah humor sebagai strategi mekanisme koping dari horor. Humor juga sebaiknya tetap digunakan agar sistem imunitas kita terjaga bahkan meningkat. Sehingga, hal yang seharusnya menular saat ini adalah TERTAWA!”

Untuk terus menularkan “virus humor” di tengah keharusan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, IHIK3 menyelenggarakan serial diskusi daring terkait humor secara gratis. Menggunakan aplikasi Zoom, webinar (web seminar) ini dibuka untuk peserta dengan maksimal 100 orang saja.

Agenda webinar ini sendiri adalah seminggu sekali di setiap Jumat, dengan tambahan hari lain untuk sesi spesial. Adapun dalam rangkaian seri webinar ini, IHIK3 akan berkolaborasi dengan beragam tokoh yang merupakan pemikir maupun praktisi humor.

Poster Melawan Horor dengan Humor (3/4/2020)

Dalam diskusi daring edisi pertama yang diadakan pada Jumat 3 April 2020 kami mengambil tema “Melawan Horor dengan Humor” dengan tujuan untuk mengajak masyarakat tetap berhumor di situasi sulit ini. Tercatat 94 orang yang mendaftarkan diri dari pelbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, karyawan, guru, pekerja seni dan kreatif, hingga psikolog.

“Bapak ibu sekalian, jangan pernah memandang humor sebagai benda kelas delapan. Yang jadi penting kalau kita mau gampang bahagia adalah coba deh dari sekarang belajar mengapresiasi humor,” pesan Yasser Fikry.

Diskusi ini tidak hanya diisi dengan paparan materi, tetapi juga diselingi dengan gimmick humor yang IHIK3 sengaja siapkan maupun pengalaman dan keresahan yang dirasakan peserta diskusi seputar humor terutama di masa pandemi ini. IHIK3 juga membagikan secara cuma-cuma buku kajian humor yang kami terbitkan kepada peserta terpilih. Alhasil secara keseluruhan, acara berlangsung seru dan cair.

Cuplikan layar jalannya diskusi daring Melawan Horor dengan Humor (3/4/2020)


Salah seorang peserta, Saut, menyatakan kesannya, “Ini kegiatan yang sangat baik, saya senang mendapat pengalaman ini.” Indrayadi, peserta lain, juga bilang, “Bagus, banyak ilmu yang didapat agar bebas stres.”

Di samping itu, kami juga mendapatkan beberapa masukan terkait teknis jalannya diskusi. Tentunya hal tersebut bakal menjadi masukan kami untuk perbaikan pada sesi selanjutnya.

Kami tunggu di sesi diskusi daring selanjutnya!

Salam ihik ihik ihik…

Tentang Institut Humor Indonesia Kini (Ihik3)

Ihik3 adalah pusat kegiatan humor di Indonesia yang mengelola humor secara serius dan profesional berbasis pengalaman, ilmu pengetahuan, dan riset dengan pendekatan multidisiplin ilmu juga multiprofesi. Didirikan oleh trio komisioner sableng: Seno Gumira Ajidarma, Darminto M. Sudarmo, dan Danny Septriadi, Ihik3 menunjang kepakarannya di bidang humor melalui Library of Humor Studies, perpustakaan humor berisi 5.000 lebih literatur serta produk humor dari dalam maupun luar negeri. Program Ihik3 sendiri sejauh ini adalah penerbitan buku humor, simposium humor, hingga hibah untuk penelitian humor. Humor itu serius, sehingga perlu diseriusi, dan Ihik3 berkomitmen untuk “menyeriusi” humor sehingga tercipta ekosistem dan ekonomi komedi.

Tekad kami: Demi Humor yang Adil dan Beradab!

Informasi lebih lanjut hubungi:
Novrita Widiyastuti +62818486185
Email: ihik3@yahoo.com
https://ihik3.com

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*