Terbaru

Di Masa Pandemi Ini…

Kata siapa Covid-19 cuma bawa hal negatif? Justru, pandemi ini memberikan beragam nilai lebih ke hidup kita.

Sekarang, kita jadi lebih rajin menjaga kebersihan, lebih mengapresiasi keberadaan pekerja informal, lebih kangen hawa sejuk minim polusi di pagi hari, sampai lebih waspada menjaga jarak dengan orang lain.

Soal aspek yang terakhir, seru sekali memang. Jangankan buat sekadar nongkrong atau berekreasi, belakangan dan sampai beberapa hari ke depan, bekerja, beribadah, sampai belajar dan menghadiri seminar (termasuk diskusi Psikologi Humor yang telah kami agendakan sebelumnya) saja kita belum bisa melakukannya seperti biasa lagi.

Istilah familiarnya kini, #PhysicalDistancing. Atau ada juga yang bilang #SocialDistancing.

Tapi sebagai gantinya – seperti kami bilang di awal – kita juga jadi mendapatkan nilai lebih lain. Dengan #DiRumahAja, ada di antara kita yang lebih ada waktu untuk keluarga dan orang terdekat, lebih rajin bereksplorasi di dapur, lebih semangat membaca buku-buku yang masih tersegel di lemari, atau lebih cakap melakukan kegiatan belajar-mengajar jarak jauh.

Kita semua kangen “hidup normal”. Dan lagi-lagi, demi bisa mendapatkan lagi kehidupan itu, pada akhirnya banyak juga di antara kita yang mau melakukan hal lebih: ikhtiar lebih untuk berkontribusi pada sekitar, sesuai kemampuan.

IHIK3 juga punya. Sebentar lagi.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*