Buku-buku Humor Koleksi Ihik (216)

//Buku-buku Humor Koleksi Ihik (216)

Buku-buku Humor Koleksi Ihik (216)

wimar

A Book About Nothing
by Wimar Witoelar

Kumpulan artikel di Majalah djakarta!

Descriptions

Kata pengantar oleh Wimar Witoelar:

Ketika Daniel Ziv, redaktur pendiri majalah DJAKARTA! mengundang saya menulis kolom tetap, saya tidak menduga bahwa dampaknya akan sangat besar. Tentunya besar menurut ukuran saya, bukan ukuran siapa-siapa. Saya tidak tahu apakah majalah DJAKARTA! berdampak pada pembaca, apalagi tulisan saya. Tapi bagi saya, kolom tetap itu menyalurkan banyak keinginan yang tadinya terpendam.

Terutama, Daniel memberi saya kenyamanan bahwa kolom itu boleh berisi apa saja, bahkan boleh dalam bahasa apa saja, karena pada awalnya majalah DJAKARTA! dirancang untuk betah dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Itu bagus sekali, pikir saya. Karena banyak hal yang enak dibahas dalam bahasa Indonesia, tapi ada beberapa jenis topik yang enak dalam bahasa Inggris. Tergantung kebiasaan dan konteks. Misalnya buku saya ‘No Regrets’ ditulis dalam bahasa Inggris sebab banyak kejadian disitu dipikirkan dalam bahasa Inggris, menghadapi pers internasional dan masyarakat negara lain. Kejadian yang ‘bittersweeet’ lebih mudah diceriterakan dalam bahasa Inggris, dengan perbendaharaan kata yang sekian kali lebih besar daripada bahasa Indonesia. Memang tidak berkelanjutan, policy untuk menulis kolom dalam dua bahasa ini. Banyak hal lain yang tidak berkelanjutan di majalah DJAKARTA! dalam perjalanannya yang sudah lima tahun pada saat dituangkan tulisan ini. Tapi tidak apa-apa,

Rencana dibuat untuk direvisi, jadi tidak jadi soal, majalah DJAKARTA! menjadi apa. Yang menjadi tanggung jawab saya adalah, bahwa majalah ini memberikan kesempatan pada saya untuk tetap bisa menulis dalam karakter tertentu. Karakter yang punya message, walau lembut, faktual, jujur, dan pasti lucu karena kenyataan hidup itu selalu lucu, selama tidak dibungkus dalam “jaim”.

Jadilah sekumpulan tulisan sedikit-sedikit menjadi banyak selama lima tahun, sekian bulan, sekian minggu. Katanya banyak yang menyukai gaya tulisan begini. Itu terserah pembaca. Yang jelas saya sangat menikmati menulis artikel-artikel kecil ini. Kadang-kadang saya membaca sendiri tulisan lama, dan tersenyum sendiri sambil lihat kiri kanan. Suatu hal yang lucu dan langsung ditulis, suka teringat kembali waktu kita membacanya kembali setelah sekian lama. Dan topik-topik keganjilan hidup tidak akan terlupakan, sekali kita pernah share dengan publik.

Ini bukan ‘celetukan segar’, bukan ‘tulisan mencerahkan,’ bukan ‘mengobar idealisme’. Kalau memakai kata-kata penulis serial TV ‘Seinfeld’, this is a book about nothing.
Selamat membaca.

About Wimar Witoelar

Wimar Witoelar (lahir di Padalarang, Jawa Barat, 14 Juli 1945; umur 64 tahun) adalah putra termuda dari lima bersaudara pasangan Raden Achmad Witoelar Kartaadipoetra dan Nyi Raden Toti Soetiamah Tanoekoesoemah.[1] Ia adalah adik Rachmat Witoelar, Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu dan adik ipar dari Erna Witoelar yang juga mantan Menteri Indonesia.

Wimar Witoelar dikenal sebagai seorang tokoh yang sering muncul di TV, selain itu ia juga pernah menjabat sebagai juru bicara Presiden Republik Indonesia pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid, ia juga seorang kolumnis media massa lokal dan internasional (Today, Business Week, News week, Australian Financial Review), komentator TV (ABC, CNBC, CNN).

Wimar Witoelar juga sering dipercaya untuk menjadi pembicara dalam berbagai acara internasional dalam bidang politik dan ekonomi seperti di Sydney, London, Washington, New York, Singapura.

Resqi Utomo rated it 3 of 5 stars
Nah, ini buku yang mengangkat hal-hal yang dinggap ‘nothing’ menjadi ‘important things to know’. Sebenarnya ini mah buku nyokap saya, waktu pertama lihat juga sepertinya gak ada daya tariknya sama sekali. Namun terjadilah saat itu, saya nge-kost di Bandung. Sebenernya sih saya gak terlalu niat-niat amat untuk baca buku ini, buku ini saya taruh di tas dengan harapan bisa jadi bahan bacaan di kala bosan di kostan. Udah, akhirnya saya mencoba melucuti buku ini halaman-perhalaman. Ahhhhh… salah kayanya saya gak baca buku ini sejak lama, masalahnya isinya itu lho.. simpel, tentang hal-hal yang sering dilupain sama orang, tentang obrolan-obrolan absurd yang kadang-kadang terdengar nyentil ditelinga, wah… mantep dah..

Harun Harahap rated it 4 of 5 stars

Ini buku benar-benar ‘Nothing’.
Buku ini adalah kumpulan tulisan Wimar Witoelar di majalah “DJAKARTA!” di zaman Friendster masih berkuasa. Tulisannya beragam cerita, dari masalah politik hingga makanan. Semuanya ditulisa dengan cukup humor, tidak lebih dan tidak kurang. Cukup.

Andaikan saja saya tidak mengetahui siapa penulisnya, mungkin saya akan mengira yang menulis adalah seseorang yang masih muda. Tulisannya luwes dan tidak kaku, informasi yang segar, bahasa yang mudah membuat tulisan ini seperti ditujukan untuk para kaum muda.

Bravo, Wimar…
“Nothing is Everything…”

Paperback, 142 pages
Published 2006 by GagasMedia
original title A Book About Nothing
ISBN 9797800423 (ISBN13: 9789797800420)
edition language Indonesian

2014-07-03T18:05:50+00:00Juli 3rd, 2014|Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment